Jumat, 12 November 2010

jaman kapan

"..aku jatuh dan tak bangun lagi, tenggelam dirayuannya. menerpa sgala angkara murka, padanya ku 'kan setia" Roman Ketiga - White Shoes and The Couple Company.


salah satu lagu yang ada dalam mini album WSATCC (singkat saja begitu) Skenario Masa Muda. "jadul-nya dek?" begitu komentar mama ketika saya memutar lagu itu dengan volume yang keras, dan sering pula. lagu pertama dari WSATCC yang pertama kali saya dengar adalah Senandung Maaf, yang merupakan soundtrack film Janji Joni. kesan saya terhadap band ini adalah, penuh cita rasa Indonesia. seperti soundtrack film Indonesia jaman ayah dan ibu saya masih 'muda' pikir saya (sok tau). yang pasti saya langsung jatuh cinta pada WSATCC sejak pertama kali mendengarkan Senandung Maaf. lagu Today is Not Sunday selalu ada dalam memory card handphone saya. kadang beberapa teman yang tidak sengaja mendengar salah satu lagu WSATCC yang saya putar bertanya ini lagu siapa, dan sebagai macamnya. saya bilang ini band Indonesia loh, dan mereka takjub. tapi tidak tertarik mendengarkannya lebih jauh.haha kebanyakannya ya begitulah. pernah di acara Kick Andy di Metro Tv membahas tentang musik Indonesia yang 'tidak biasa', yang pertama adalah Frau, WSATCC, dan Sore, ada yang lain mungkin saya sudah lupa. saat WSATCC, mereka menjelaskan mengapa nama band mereka bisa White Shoes and The Couples Company. katanya di kampus mereka (IKJ) banyak yang memakai sepatu putih. lucunya ternyata nama band itu sudah beredar dimana-mana sebelum ada bandnya melalui stiker-stiker, karena katanya di IKJ memang begitu, banyak band-band fiktif.

setelah album yang di tahun 2005, kemudian mini album Senja Menggila, Skenario Masa Muda, 6 Oktober 2010 diluncurkan lah album barunya Vakansi. saya melihat berita album ini dari sebuah web magazine yang memberikan link trailer album Vakansi, sebagai sebuah perkenalan lah mungkin terhadap Vakansi


sabtu kehujanan yang lalu saya ke disc tarra, ternyata sudah habis. saya sedikit menyesal tidak mencari album itu awal-awal saja sejak baru di luncurkan. saya meninggalkan nomor hp saja kemuan, agar nanti ketika Vakansi sudah ada lagi di disc tarra saya dihubungi. dan beberapa hari kemudian dapat lah saya Vakansi yang saya idam-idamkan.hehe Vakansi berisi 13 track. lagu pertamanya adalah Berjalan-Jalan "terbang ke hongkong, jerman, thailand, tapi hati terpaku di nusantara", lagu kedua dan ketiga sudah pernah saya dengarkan sebelumnya, karena ada di minii album, Zamrud Khatulistiwa dan Senja Menggila, lagu keempat Selangkah Keseberang, lagu ini merupakan lagu Fariz RM (kalau Fariz RM saya langsung terngiang-ngiang lagu Sakura), lagu kelima Rented Room, sepertinya tentang kamar kos "all we need is a wider groovy space to stay", keenam Kampus Kemarau "di kantin ramai dara nan ayu, berbincang dengan topik nan semu" seperti apa yang saya lihat di kampus saya haha. ketujuh Sans Titre lagu tanpa lirik, hanya instrumen dengan latar seorang wanita berbahasa prancis. kedelapan Hacienda, saya tidak ada ide lagu ini tentang apa. Hacienda tapi sepertinya merujuk pada suatu sebutan tempat. kesembilan Masa Remadja "merekah bersemi gairah masa di SMA, ssemerbak harumnya nirwana tak akan terlupa" jadi ingat teman-teman saya yang berpencar di berbagai kota sekarang. kesepuluh Ye Good Ol'Days "dear me i'm deeply in tears, so hurry end this heartache" ya artikan sendiri lah ya. kesebelas Vakansi, mestinya didengarkan oleh pegawai-pegawai yang hanya merasa liburan ketika hari-hari bersar keagamaan, tidak pernah mencoba cuti bersenang-senang di hari kerja "sibuk terus di kantor itu tak baik pula. slalu pulang malam dan lupa keluarga. jangan marah, mari menyayi saja". keduabelas Kisah dari Selatan Jakarta "inilah kisah yang tak akan mungkin terlupa, tanpa nuansa asmara dan cinta. tak perlu ada rahasia, dusta bahkan tipu daya. semua terasa hambar nampaknya" sebuah lagu yang dipersembahkan oleh oomleo untuk almarhum ayahnya. ketigabelas Matahari, lagu yang lucu bagi saya "we're going back to Jayapura. no more pretend no pura-pura" di akhir lirik lagu ini pun terselip nama-nama personil WSATCC.

ini bukan review musik ya! hanya pendapat personal saya yang suaranya sumbang dan hanya bisa main pianika ketika ada mata kuliah seni musik. secara keseluruhan lagu di album Vakansi seperti mengajak saya yang mendengarnya untuk ber-Vakansi, santai berjalan-jalan.


peta Indonesia! bukan dari atlas tapi itu. di cover Vakansi memang ada gambar peta itu. 5 tahun lagi sudah harus memulai 'vakansi' :D

Tidak ada komentar: