Kamis, 28 Oktober 2010

bulan-bulanan


Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause. Selain manusia, periode ini hanya terjadi pada primata-primata besar, sementara binatang-binatang menyusui lainnya mengalami siklus estrus. (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Menstruasi)

pertama kali saya haid adalah saat saya berumur 9 tahun lebih. lebihnya berapa kurang ingat, yang saya ingat sebelum saya berulang tahun yang ke 10. waktu saya kelas 5 SD, sistem kurikulumnya masih cawu atau catur wulan (3 bulan). hari rabu, tidak tau tanggal berapa, ulangan hari itu adalah IPS. IPS adalah mata pelajaran yang paling akhir, sebelum-sebelumnya jika hari ulangan yang paling akhir saya bersemangat sekali untuk bermain tapi kali itu saya merasa mengantuk sekali. pulang ke rumah diantar oleh mobil jemputan bewarna kuning, yang dikendarai oleh Om Heru. tiba di rumah cepat-cepat saya melepas sepatu, kaus kaki, dan kerudung, pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil terlebih dahulu sebelum tidur. ada bercak kecoklatan di celana dalam saya, tapi tidak saya hiraukan. kemudian tidur masih dengan seragam batik rok lipit-lipit hijau. saya dibagunkan sekitar jam 2 siang untuk makan oleh papa, keadaan saya sudah segar dan tidak mengantuk lagi. lalu ke kamar mandi lagi buang air kecil. saya perhatikan lagi bercak kecoklatan tadi di celana dalam saya, terdiam. papa lalu bilang untuk segera berwudu karena sudah hampir memasuki waktu Ashar, kami selalu solat berjamaah sekeluarga. hari itu cuma ada papa dan abang saja, mama belum pulang karena memberi les kepada muridnya. inisiatif saya sendiri, mengambil pembalut milik mama dan merekatkanya di celana dalam saya. saya sudah mengerti caranya meskipun belum diajari.haha papa memanggil lagi saya untuk segera siap di sejadah. saya mendekat, "adek ndak solat pa" dengan suara yang kecil, sedikit nyengir-nyengir malu. abang dan papa mungkin sudah mengerti sendiri saya kenapa. mereka serentak mengucapkan subhanallah! setelah solat papa menjemput mama. mama pulang menghampiri saya dengan wajah yang berseri-seri, mungkin takjub anak bungsunya sudah akhil balig. haha "adek udah besar", begitu kata mama sambil memeluk saya.

ya itu cerita manis (?) tentang pertama kalinya saya haid. seingat saya masih sedikit teman-teman saya yang sudah dapat haid saat seusia itu, saya termasuk yang awal. teman-teman lain yang dapat haid badannya gemuk dan bongsor, saya sendiri yang kurus. sekarang sudah bertahun-tahun saya haid. beberapa fakta seputar haid yang saya temukan sejauh ini adalah,


satu, menjelang haid muncul jerawat. jerawat normalnya di wajah kan? saya termasuk yang jarang berjerawat di wajah. tapi di bagian tubuh lainnya seperti (maaf) bokong, punggung, atau lengan.

dua, orang-orang melarang untuk keramas saat haid. tapi saya tetap keramas. saat haid, produksi minyak di kulit kepala, wajah, bahkan keringat menjadi lebih banyak. mungkin faktor hormonal. jorok kalau tidak keramas sehari saja saat haid. mungkin karena tidak boleh mencabut rambut menjadi salah satu faktor larangan untuk keramas. asalkan rambut tidak sengaja dicabuti ya tidak apa-apa lah kan? jika gugur, ketika sudah saatnya mandi wajib rambut yang gugur itu saya ikut mandikan.

tiga, emosi yang berlebihan. emosi dalam artian tidak selalu emosi marah. segala sesuatu dianggap berlebihan saat haid. kalau saya bisa saja senang berlebihan, tersenyum sepanjang hari. begitu pula sebaliknya sensitif dan mudah tersinggung. pesan saya, berhati-hati lah saat perempuan yang sedang haid..mood mereka yang berubah-ubah mengesalkan sekali..ini serius.....

empat, nyeri haid tidak selalu ada disetiap datang haid. saya pernah membaca suatu artikel tentang nyeri haid. di situ tertulis, nyeri haid sebenarnya bukan suatu hal yang wajar. rasa sakit bisa saja merupakan indikasi adanya gangguan di sitem reproduksi. waspada..

lima, merasa pegal-pegal di daerah pinggang hingga betis. pegal-pegal yang dirasakan bukan karena bekerja atau menggerakkan badan secara berlebihan sebelumnya. datangnya pegal-pegal ini misterius..(ada penjelasan ilmiahnya cuma saya malas saja :p) hal inilah yang mungkin membuat perempuan jadi 'sensitif' berhati-hatilah..

enam, (maaf) payudara terasa padat dan menggumpal. kadang sedikit nyeri bila tersentuh. dari artikel yang saya baca, kurangilah konsumsi garam. karena garam dapat mengikat air dalam tubuh yang menyebabkan payudara membengkak.

tujuh, bawalah pembalut cadangan atau lebih baik celana dalam cadangan dihari-hari pertama haid. kita tidak pernah tau apa yang terjadi :) jaga-jaga saja

delapan, produk-produk yang berhubungan dengan haid : pembalut (berbagai merk), fem*nax (obat pengurang nyeri haid), dan k*ranti (jamu)

sembilan, anemia. kurang darah, wajah pucat dan lesu. beberapa teman bahkan pingsan

sepuluh, dihari-hari pertama agak kesulitan buang air besar. perut terasa mules ingin buang air besar, tapi..tidak sesederhana itu untuk buang air besar (perasaan bimbang dan galau di perut -_-)

sebelas,........( ada tambahan? tambahin ya :D )

Tidak ada komentar: