Minggu, 09 Mei 2010

memasak dan memakan


sudah lama tidak menulis tentang kegiatan dapur. kali ini saya begitu terobsesi makan bihun goreng :3 jadi dimasak saja sendiri! sulit untuk menemukan tempat yang menjual bihun goreng di kota Pontianak (atau saya yang kurang tahu?)

Sabtu pagi bersih dari kegiatan perkuliahan jadi saya bisa bebas melakukan apa saja pagi hari, kebetulan hari itu 2 adik sepupu saya juga tidur di rumah, jadi mereka saja jadikan bahan percobaan resep :p

Bahan :
250 gr bihun kering (tersedia di warung dan super market terdekat)
4 siung bawang putih
2 siung bawang merah
sahang / merica bubuk secukupnya (saya suka rempah ini jadi saya masukkan banyak)
garam + penyedap rasa (kalau tidak mau pakai penyedap tambahan juga enak)
daging giling (lupa berapa ons :P)
bakso ikan
kecambah
daun sop
kecap

caranya:
*haluskan bawang merah dan bawang putih pakai lesung, atau kalau mau praktis pakai blender
*rendam bihun dengan air panas sampai lembut, lalu tiriskan
*aduk bihun yang sudah ditiriskan dengan kecap sesuai selera
*tumis bawang yang sudah halus dengan minyak dengan api sedang
*tambahkan garam+penyedap rasa
*kemudian masukkan daging giling sampai kecoklatan matang
*masukkan bakso ikan, tumis sampai berwarna kekuningan
*kemudian masukkan bihunnya, aduk dengan bersemangat!
*tambahkan merica
*masukan kecambah dan daun sop, jangan aduk terlalu lama supaya tidak terlalu layu
..
dan jadi!!
masak sendiri makan sendiri, padahal saya selalu ingin memasak untuk orang yang special :p
suatu saat nanti lah ya