Kamis, 06 Mei 2010

Kita Manusia

belakangan saya sering bercerita dengan teman-teman yang jauh keberadaannya, baik yang jarang bertemu hingga yang tidak mungkin bisa bertemu untuk jangka waktu tertentu, dikarenakan beberapa teman yang kuliah di luar Pontianak. rasanya luar biasa berbagi dengan orang yang berada jauh tapi bercakap-cakap dengan akrab. berbagai kisah yang mereka ceritakan menambah kekayaan diri saya. hahaha bukan harta, kekayaan hati lebih dari itu semua. rasa simpati dan empati itu membuat saya menjadi lebih manusiawi.

kenyataannya semua orang punya masalah. terkadang masalah seseorang lebih rumit dibanding dengan orang kebanyakan. membuat diri lemah dan depresi. seperti saya! tapi setelah banyak bercerita dan diceritakan, didengar dan mendengarkan, semuanya terasa lebih ringan. kita tidak pernah sendiri dalam kesulitan, semua merasakannya. jadi jangan terlalu merasa kecil di dunia.
*sok bijak sekali (-_-")

satu hal yang penting dalam berteman, mengapa bisa berteman? apa karena kita memiliki hobi yang sama? rumah yang berdekatan? atau kesamaan-kesamaan lainnya? atau bahkan memberikan apa yang mereka inginkan? tidak perlu seperti itu. bagi saya, cukup dengan mendengarkan apa yang orang lain katakan, apa yang mereka rasakan dengan tulus. menghargai teman karena kita juga ingin dihargai, bukan karena pamrih! tapi karena kita manusia!



Tidak ada komentar: