Jumat, 14 Mei 2010

(semoga) ini masa lalu

Menurut Institut Kesehatan Jiwa Amerika Serikat (NIMH), gejala dan tanda umum depresi adalah sebagai berikut:

  • Rasa sedih, cemas, atau? hampa? yang terus-menerus
  • Rasa putus asa dan pesimis
  • Rasa bersalah, tidak berharga dan tidak berdaya
  • Kehilangan minat atau kesenangan atas hobi atau aktivitas yang sebelumnya disukai, termasuk seks
  • Energi lemah, kelelahan, menjadi? lamban?
  • Sulit berkonsentrasi, mengingat, memutuskan
  • Sulit tidur (insomnia) atau tidur berlebihan (hipersomnia)
  • Sulit makan atau rakus makan (menjadi kurus atau kegemukan)
  • Tidak tenang dan gampang tersinggung
  • Gejala penyakit fisik yang tidak hilang dengan pengobatan seperti sakit kepala, masalah pencernaan (sulit buang air, diare, dll) dan nyeri kronis.
  • Berpikir ingin mati atau bunuh diri
  • Terkadang, merasa berat di tangan dan kaki

semua pernah saya alami secara sekaligus dalam jangka waktu beberapa bulan terakhir. ada apa dengan saya? apa yang menyebabkan saya seperti itu? akankah saya menyalahkan orang lain? jujur mulanya iya, tapi kemudian banyak yang terjadi. tulus dan ikhlas tumbuh subur di hati saya. semua datangnya dari Zat Yang Maha Kuasa, tergantung bagaimana saya menyikapinya. dan sekarang saya yakin saya menuju jalan yang terang. Maha Kuasa Allah SWT yang menciptakan langit dan bumi, menciptakan isinya dengan begitu sempurna, membuat kita yang tidak mengenal kemudian mengenal, bertemu-temu, saling mengasihi sesama.

Alhamdulillah sekarang gejala-gejala di atas sudah mulai berkurang. disini saya menyelamatkan diri saya, bersembunyi dan berbicara dengan jujur.

Tidak ada komentar: